Universitas Pasundan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Profil Prodi Manajemen

Sejarah Singkat
Program Studi Manajemen didirikan pada tahun 1976 dengan nama program studi atau jurusan Ekonomi Perusahaan. Kemudian berdasarkan konsorsium ilmu Ekonomi di Malang pada bulan Oktober 1979 Program Studi Ekonomi Perusahaan berubah menjadi Program Studi Manajemen selanjutnya berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 024/0/1981 tanggal 22 januari 1981 Program Studi Manajemen memperoleh status “terdaftar” untuk jenjang Sarjana Muda, kemudian berdasarkan SK Mendikbud No. 0388/1986 tanggal 22 Mei 1986 tentang penetapan kembali jalur, jenjang dan program Pendidikan, yang menyatakan bahwa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unpas merupakan Program Strata I (S-1), serta berada di lingkungan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat.
Pada tahun 1990 status Program Studi Manajemen meningkat menjadi “Diakui” dengan keluarnya SK Mendikbud No. 0537/)/1986 tanggal 05 Agustus 1986. Kemudian Pada tahun 1990 Program Studi Manajemen mendapat akreditasi ‘Disamakan’ melalui SK Mendikbud No. 0305/O/1990 tanggal 21 April 1990.
Pada tahun 2005 Program Studi Manajemen memperoleh status terakreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan peringkat ”A”, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Masional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 012/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2006 tanggal 21 Juli 2005.

Visi
Visi Program Studi Manajemen merupakan pandangan kedepan program studi, berdasarkan potret kondisi eksisting program studi dan kondisi eksternal yang akan datang, serta mengacu kepada visi Fakultas Ekonomi dan Universitas Pasundan (Unpas). Sejalan dengan visi Fakultas Ekonomi dan Universitas Pasundan, maka Program Studi Manajemen merumuskan visinya sebagai berikut : Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan pada bidang manajemen dan kewirausahaan, berwawasan global, islami serta berbudaya sunda di tahun 2021.

Misi
Misi Program Studi Manajemen merupakan refleksi dari hasil kajian tentang tantangan (Threats) dan berbagai peluang (Opportunities) dengan mengikuti perkembangan yang ada serta mengantisipasi berbagai perubahan dimasa depan. Berdasarkan rumusan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka misi Program Studi Manajemen adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan manajemen yang berorientasi kewirausahaan yang berwawasan global, Islami dan berbudaya sunda.
  2. Meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan manajemen dan kewirausahaan yang diakui ditingkat nasional dan global.
  3. Menjalin kemitraan dengan masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu pengetahuan manajemen dan kewirausahaan sebagai wujud pengabdian pada masyarakat.

Sasaran
Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai Program Studi Manajemen, maka sasaran yang ingin dicapai adalah :
  1. Terwujudnya kurikulum yang berbasis pada kompetensi manajemen dan kewirausahaan yang ditunjang oleh Pusat Pengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK), Lab. Mini Bank, Laboratorium Bahasa Inggris yang berbasis Information Communication and Technology (ICT).
  2. Terwujudnya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan mendidik, meneliti, serta melakukan pengabdian pada masyarakat yang bernilai Islami dan berbudaya Sunda.
  3. Terbentuknya jurnal dibidang ekonomi dan bisnis dalam rangka memfasilitasi pengembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah.

Tujuan
Berdasarkan visi dan misi seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, maka tujuan program studi adalah melaksanakan proses pendidikan untuk :
  1. Kemampuan manajemen dan berorientasi kewirausahaan yang berjiwa Islami dan berbudaya sunda. (Wirausaha).
  2. Penelitian dibidang manajemen yang berkontribusi pada ilmu pengetahuan dan dunia usaha. (Peneliti).
  3. Perbaikan pada manajemen bisnis dan ekonomi masyarakat. (Profesional).
Irv 2014.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan
Jl. Tamansari No 6-8 Bandung 40116 - Indonesia
Telepon : 022-4233646, 4208363 Fax : 022-4208363 e-mail : fekon@unpas.ac.id