Universitas Pasundan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fasilitas FE Unpas

Perpustakaan

Perpustakaan Perpustakaan Perpustakaan

Fasilitas perpustakaan yang terdiri dari perpustakaan Universitas (Pusat) dan Perpustakaan Fakultas disediakan sebagai penunjang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Perpustakaan fakultas setiap semester selalu menambah koleksi (buku-buku, jurnal, majalah dan koran) juga memanfaatkan sistem komputerisasi yang berfungsi bagi kegiatan pelayanan, sirkulasi dan lan-lain. Saat ini koleksi perpustakaan terdiri dari buku teks, majalah dan jurnal. Perpustakaan ini dilayani oleh 3 (tiga) orang staf perpustakaan.

Sarana Umum

Sarana Umum Sarana Umum Sarana Umum

Sarana Umum yang tersedia di lingkungan Fakultas Ekonomi Unpas terdiri dari :

  • Masjid
  • Kantin Mahasiswa
  • Koperasi Mahasiswa
  • KSR (Korps Sukarela)
  • Sarana Parkir

Laboratorium

Laboratorium Laboratorium Laboratorium

 

Laboratorium di tingkat fakultas disediakan guna mendukung fakultas dan program studi dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Laboratorium ini dikepalai oleh seorang dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan disiplin keilmuan dan pengetahuan yang dikembangkan oleh laboratorium yang bersangkutan. Kepala Laboratorium diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Dekan dan pertimbangan pimpinan fakultas dan program studi. Dalam tugas sehari-hari Kepala Laboratorium dibantu oleh seorang Sekretaris Laboratorium. Sekretaris Laboratorium diangkat dan diberhentikan oleh Dekan atas usulan dan pertimbangan pimpinan fakultas dan program studi.
Fakultas Ekonomi Unpas memiliki 3 (tiga) buah laboratorium, yaitu Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa Inggris, dan Laboratorium Program Studi. Kepala Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa Inggris bertanggung jawab langsung kepada Dekan u.p. Pembantu Dekan I. Kepala laboratorium program studi bertanggung jawab kepada ketua Program Studi yang membawahinya. Uraian ringkas mengenai masing-masing laboratorium diungkapkan dalam keterangan di bawah ini.

Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi Unpas menempati dua ruangan atau lokal yang bersebelahan. Masing-masing ruangan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung antara lain berupa 70 unit komputer serta seperangkat sarana audio. Laboratorium ini dikelola oleh Kepala Laboratorium Komputer dibantu oleh seorang Sekretaris Laboratorium dan beberapa staf atau instruktur.
Tugas Laboratorium Komputer adalah meningkatkan kemampuan dosen, karyawan dan mahasiswa dalam aplikasi dan pemrograman komputer sehingga pengguna dapat memanfaatkan perkembangan teknologi komputer dalam rangka menunjang pemahaman, penerapan dan pengembangan ilmu.
Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan fasiltas laboratorium komputer antara lain:

  1. Praktika Pengantar Sistem Informasi (PSI)
  2. Praktika Pengantar Aplikasi Akuntansi & Bisnis (PAAB)
  3. Praktika Komputer Akuntansi (MYOB ACCOUNTING).
  4. Praktika Ekonometrika dan Statistika Inferensial.
  5. Praktika Riset Operasi.

Kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh Laboratorium Komputer adalah pendidikan dan pelatihan yang diperuntukkan bagi dosen dan karyawan dalam rangka peningkatan kemampuannya. Pendidikan dan pelatihan juga diselenggarakan untuk umum dalam rangka pengabdian pada masyarakat, diantaranya pelatihan pasar modal, pelatihan Structural Equation Model, Kompetisi Pasar Modal.

Laboratorium Bahasa Inggris

Laboratorium Bahasa Laboratorium Bahasa Laboratorium Bahasa

Laboratorium Bahasa Inggris Fakultas Ekonomi Unpas menempati satu ruangan atau lokal dengan dilengkapi sarana dan prasarana penunjang antara lain berupa 32 unit sarana audio dan satu buah televisi sebagai sarana visual. Laboratorium ini dipimpin oleh Kepala Laboratorium Bahasa dibantu oleh seorang staf Laboratorium dan beberapa orang instruktur.
Laboratorium Bahasa Inggris ditujukan untuk meningkatkan kemampuan sivitas akademika dalam menguasai dan menggunakan Bahasa Inggris baik secara aktif maupun pasif agar mereka mampu berkomunikasi secara global serta menunjang pemahaman dan pengembangan keilmuan terutama dalam menyerap ilmu pengetahuan yang berasal dari mancanegara. Kegiatan yang dilakukan antara lain berupa penyelenggaraan Praktika Bahasa Inggris, test dan kursus TOEFL.

Praktika

Praktika Praktika Praktika

Fakultas Ekonomi Unpas menyelenggarakan berbagai praktika mata kuliah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh, khususnya untuk mata kuliah yang terkelompok dalam Mata Kuliah Keahlian (MKK). Praktika ini diselenggarakan oleh masing-masing program studi sesuai dengan kebutuhannya di bawah koordinasi fakultas.
Penyelenggaraan praktika terbagi menjadi :

  1. Praktika yang bersifat wajib dengan dana penyelenggaraan dibebankan kepada Fakultas. Praktika yang termasuk jenis ini yaitu :
  • Praktika Pengantar Akuntansi I dan II dengan tujuan agar mahasiswa dapat memperdalam keahliannya dalam menyediakan dan menyajikan informasi akuntansi sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi pihak yang berkepentingan.
  • Praktika Akuntansi Keuangan I dan II dengan tujuan agar mahasiswa dapat menyusun laporan keuangan suatu perusahaan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum (PSAK). Dapat mencatat transaksi-transaksi secara langsung yang berhubungan dengan pos-pos yang terdapat dalam neraca, dan mengetahui cara mencatat keselahan yang terjadi sebelum menyusun laporan keuangan suatu perusahaan.
  • Praktika Akuntansi Biaya dengan tujuan agar mahasiswa dapat memperdalam keahlian dalam menyediakan dan menyajikan informasi akuntansi bagi manajemen sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi pihak yang berkepentingan.
  • Praktika Akuntansi Manajemen dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami mata kuliah akuntansi manajemen secara praktis dalam pengertian Full Accounting Information, Differential Accounting Information, Responsibillity Accounting Information, dan peranannya dalam pelaksanaan berbagai fungsi manajemen.
  • Praktika Sistem Informasi Akuntansi I dan II dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami langkah-langkah penyusunan sistem informasi akuntansi di perusahaan baik pada perusahaan dagang, industri, maupun jasa mulai dari tahap perancangan sistem sampai dengan penerapan sistem.
  • Praktika Pemeriksaan Akuntan I dan II dengan tujuan agar mahasiswa dapat memperdalam menganai: tujuan audit, prosedur dan penugasan audit serta cara penyusunan kertas kerja pemeriksaan dan mengetahui penerapan standar audit dalam suatu penugasan audit.
  • Praktika Akuntansi Keuangan Lanjutan dengan tujuan agar mahasiswa dapat menyusun laporan keuangan: perusahaan yang mempunyai cabang di dalam maupun di luar negeri, penggabungan badan usaha (merger), konsolidasi dengan metode equity dan metode cost.
  • Praktika Manajemen Keuangan dengan tujuan agar mahasiswa memahami pengetahuan praktis dengan cara membahas berbagai kasus laporan keuangan untuk dikaji dari sudut: analisis rasio, sumber dan penggunaan dana, biaya modal, capital budgeting, analisis leverage dan diberikan juga pemecahan materi analisis investasi baik secara fundamental maupun teknikal.
  • Praktika Pengantar Ekonomi Makro bertujuan membantu mahasiswa menyelesaikan soal-soal yang bersifat kuantitatif, terutama menghitung dan menentukan besarnya variabel-variabel makro ekonomi utama, seperti menghitung pendapatan nasional melalui berbagai cara, tingkat pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi, surplus/defisit neraca pembayaran, selain itu agar mahasiswa mahir menghitung tingkat pendapatan nasional keseimbangan dan menggambar kurvanya serta menentukan kondisi-kondisi tertentu secara grafis dan matematis.
  • Praktika Pengantar Ekonomi Mikro bertujuan membantu mahasiswa menyelesaikan soal-soal yang bersifat kuantitatif, terutama menghitung tingkat karya dan jumlah keseimbangan pasar, elastisitas permintaan dan penawaran, tingkat input/output optimal suatu perusahaan, dan lain-lain. Selain itu agar mahasiswa mahir menggambar berbagai kurva dari data hipotetik dan menentukan kondisi-kondisi tertentu secara grafis dan matematis.
    Nilai yang diperoleh mahasiswa dari praktika tersebut juga menjadi salah satu komponen nilai akhir, yaitu termasuk ke dalam nilai tugas sehingga bagi mahasiswa yang tidak mengikuti praktika tersebut atau memperoleh nilai K (Kosong).
  1. Praktika yang bersifat tidak wajib dan bersifat swakelola, yaitu Pelatihan Perpajakan, Pelatihan Bahasa Mandarin, Kursus TOEFL. Karena bersifat tidak wajib, maka nilai yang diperoleh mahasiswa dalam pelatihan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap mata kuliah yang terkait. Nilai tersebut akan ditampilkan dalam sertifikat yang dikeluarkan oleh Laboratorium Program Studi Akuntansi.

Irv 2014.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan
Jl. Tamansari No 6-8 Bandung 40116 - Indonesia
Telepon : 022-4233646, 4208363 Fax : 022-4208363 e-mail : fekon@unpas.ac.id